PENGALAMAN KOMUNIKASI

Assalamualaikum Wr.Wb. Nama saya Retno Jumilah. Teman-teman saya sering memanggil saya Bos Kecil. Saya adalah  mahasiswa Agribisnis Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Untuk memenuhi tugas konseling disini saya akan menceritakan  tentang pengalaman komunikasi saya dengan orang lain. Ini adalah pengalaman komunikasi saya ketika praktikum dinamika masyarakat di desa Moyudan. Kami mahasiswa UMY  mewawancarai masyarakat Moyudan tentang  pandangan mereka mengenai kepemimpinan perempuan. Dari kelompok kami hanya dua orang yang bisa bahasa jawa, sedangkan saya dan brian kurang bisa bahasa jawa. Dari beberapa warga yang diwawancarai, kami menemukan responden yang ketika diwawancarai menggunakan bahasa jawa. Sehingga komunikasi saya dengan responden tidak efektif. Hal tersebut terjadi karena saya kurang memahami bahasa jawa, apalagi bahasa jawa kromo. saya hanya bisa bertanya kepada teman saya tentang artinya. Tetapi alhamdulillah kedua teman saya bisa bertanya dengan bahasa jawa, sehingga kami mendapatkan informasi sesuai yang kami inginkan. Sekian curhatan dari saya. Wassalamualaikum Wr.Wb.

2 komentar: